PENANGKAL PETIR

Pengertian Penangkal Petir ?

Penangkal petir adalah perangkat yang digunakan untuk menyalurkan listrik dari petir ke tanah. Penangkal petir digunakan untuk mencegah resiko berbahaya yang dihasilkan petir. Maka dari itu, pemasangan benda ini sangat amat disarankan. Benda ini mampu melindungi bangunan dan hal-hal lain di sekitarnya dari petir sehingga tidak meledak atau terbakar. Biasanya, penangkal petir dipasang di atas bangunan, seperti rumah, gedung, dan pencakar langit.

Penangkal petir secara luas digunakan di seluruh dunia sebagai sistem perlindungan petir. Penangkal petir dianggap efektif karena mengurangi kerugian terkait kebakaran dan kerusakan struktural akibat sambaran petir. Alat ini umumnya terbuat dari logam, idealnya logam yang sangat konduktif seperti tembaga. Ketika petir menyambar logam tersebut, listrik akan disalurkan melalui kawat menuju ke tanah (grounding).

Indonesia Sendiri merupakan negara tropis yang panas serta lembab. Ke-2 aspek ini mempermudah pembentukan awan Cumulonimbus penghasil petir, dikarenakan dengan cara umum di daerah tropis terbentuk siklon tropis yang disebut daerah raksasa aktivitas awan, angin, serta badai petir.

Petir adalah peristiwa alam di mana berlangsung loncatan muatan listrik pada awan dengan bumi. Loncatan muatan listrik itu diawali terlebih dulu dengan pengumpulan uap air didalam awan. Dikarenakan ketidaksamaan temperatur yang besar pada sisi bawah awan dengan sisi yang lebih diatas, butiran air sisi bawah yang yang temperaturnya lebih hangat berupaya beralih ke sisi atas hingga alami pendinginan serta membuat kristal es. Kristal es yang lebih berat dari pada butiran air beralih ke sisi bawah. Kristal es yang turun serta butiran air yang naik sama-sama menekan hingga muncul gesekan yang menyebabkan pembelahan muatan. Butir air yang bergerak naik membawa muatan positif sedangkan kristal es membawa muatan negatife hingga terbentuk awan yang serupa dengan dipole listrik. Ketika tegangan pada ujung awan telah cukup besar terjadi pelepasan muatan listrik.

Pada intinya peralatan listrik bisa dibedakan jadi 2 grup besar yakni :

  • Tanpa memakai komponen semikonduktor
  • Memakai komponen semikonduktor

Komponen semikonduktor yaitu komponen elektronika yang biasanya adalah sisi dari perangkat pengontrol atau pengubah system daya (konverter). Komponen semikonduktor bisa berbentuk dioda, thyristor, transistor, integrated circuit. Grup peralatan listrik yang tidak memakai komponen semikonduktor contohnya : pompa air, vacuum cleaner, rice cooker, mixer dsb. Grup peralatan listrik yang memakai komponen semikonduktor contohnya : computer, televise, radio, air, condition yang memakai kontrol elektronik dsb.

Baca juga >> Cara Kerja Penangkal Petir >> https://www.penangkalpetir.com/bagaimana-cara-k…kal-petir-thomas


Log out of this account

Leave a Reply